Disaat situasi harga emas Antam seperti saat ini, sekarangkah waktu terbaik untuk menjual kembali (buyback) emas Antam kita?

Agar tidak mengalami kerugian yang makin dalam? Agar hasil keuntungannya maksimal?

Dalam menentukan kapan waktu terbaik untuk menjual kembali emas Antam kita, ada 3 hal yang semestinya kita perhatikan:

  1. Waktu ‘jatuh tempo’
  2. Kebutuhan yang mendesak
  3. Kondisi harga emas

Yang dimaksud dengan waktu ‘jatuh tempo’ adalah apakah memang waktunya sudah sesuai dengan rencana keuangan yang kita buat di awal ketika kita memutuskan untuk berinvestasi/menabung emas Antam?

Seperti kita tahu, bahwa setiap investasi ada waktu ‘jatuh tempo’ yang sudah kita rencanakan sendiri di awal ketika kita mulai berinvestasi. Begitupun ketika kita mulai berinvestasi emas, kita sudah punya rencana keuangan bahwa waktu ‘jatuh tempo’ investasi emas ini setelah sekian tahun.

Penentuan waktu ‘jatuh tempo’ ini terkait dengan “untuk tujuan apa” kita berinvestasi emas.

Semisal kita berinvestasi emas Antam untuk tujuan penyiapan dana pendidikan anak kita ketika masuk SD nanti, sementara anak kita saat ini baru berusia 2 tahun.

Berarti kita punya waktu ‘jatuh tempo’ atas investasi emas Antam kita pada saat anak kita berusia 6 tahun, rentang waktunya sekitar 4 tahun dari awal kita memulai investasi emas.

Ketika anak kita menginjak usia 6 tahun, berarti investasi emas kita sudah masuk waktu ‘jatuh tempo’, sudah waktunya untuk dijual kembali.

Waktu ini adalah saat terbaik untuk menjual kembali emas Antam kita karena memang sudah sesuai rencana keuangan kita di awal. 

Selain karena waktu ‘jatuh tempo’, ada saat lain dimana merupakan waktu terbaik untuk menjual kembali emas Antam kita, yakni pada saat kebutuhan yang mendesak.

Kita sudah punya rencana keuangan yang matang ketika memulai investasi emas, sudah merencanakan waktu ‘jatuh tempo’ yang jelas, namun di tengah waktu ada kebutuhan yang mendesak untuk menjual kembali sebagian emas Antam yang sudah dikumpulkan.

Maka saat kebutuhan yang memang mendesak untuk menjual kembali emas Antam kita menjadi waktu terbaik untuk menjual kembali emas Antam kita.

Kebutuhan yang mendesak ini biasanya disebabkan oleh musibah yang memang seringkali datang tidak terduga: bencana alam, banjir, kecelakaan, penipuan, pencurian, dlsb.

Semoga kita selalu terhindar dari musibah. #amiin

Dua poin di atas, waktu ‘jatuh tempo’ dan kebutuhan yang mendesak, adalah poin utama yang menentukan bahwa di saat tersebutlah merupakan waktu terbaik untuk menjual kembali emas Antam kita. 

Poin ketiga, kondisi harga emas, menjadi poin pendukung atas 2 poin sebelumnya. Apakah kondisi harga emas Antam saat ini cocok untuk melakukan transaksi jual kembali emas Antam kita.

Tentu saja ketika kita menjual kembali emas Antam kita, kita selalu menginginkan untuk mendapatkan harga yang lebih tinggi dibandingkan ketika waktu kita membelinya dahulu.

Namun ketika posisi harga emas Antam ketika sudah waktu ‘jatuh tempo’ atau ketika kebutuhan yang mendesak ternyata lebih rendah dibandingkan dengan harga ketika kita beli emas, bagaimana jadinya?

Jika waktu ‘jatuh tempo’ bisa diperpanjang, maka menjual kembali emas Antam pada saat posisi harga yang sudah lebih baik menjadi saat terbaik untuk menjual kembali emas Antam kita.

Jika kebutuhan yang mendesak bisa dipenuhi dengan cara lain selain menjual kembali emas Antam, maka menjual kembali emas Antam pada saat posisi harga yang sudah lebih baik menjadi saat terbaik untuk menjual kembali emas Antam kita.

Jika memang tidak ada pilihan lain selain menjual kembali emas Antam kita, maka saat tersebut adalah waktu terbaik untuk menjual kembali emas Antam kita bagaimanapun kurang idealnya posisi harga emasnya.

Waktu ‘jatuh tempo’, kebutuhan yang mendesak, posisi harga emas. Tiga poin inilah yang bisa menentukan apakah sekarang merupakan saat terbaik untuk menjual kembali (buyback) emas Antam kita.

 

Buybackemas.com business development.
Kenali lebih lanjut dengan berhubungan melalui Google